Evaluasi kinerja jaringan irigasi curah melalui simulasi hidrolis menggunakan Epanet 2.0

Penulis

  • Helena Novitasari Lasol Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor
  • Yuli Suharnoto Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor
  • Dadang Ridwan Peneliti Balai Irigasi, Puslitbang SDA, Badan Litbang Kementerian PU
  • Marasi Deon Joubert Peneliti Balai Irigasi, Puslitbang SDA, Badan Litbang Kementerian PU

DOI:

https://doi.org/10.31028/ji.v9.i1.51-62

Kata Kunci:

debit, EPANET 2.0, irigasi curah, kecepatan aliran, tekanan

Abstrak

Jaringan irigasi curah dapat menjadi investasi yang baik apabila dirancang dengan baik, dipasang, dipelihara secara tepat. Perhitungan secara manual memakan waktu dan menimbulkan human error. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja (performance) irigasi curah melalui simulasi hidrolik menggunakan perangkat lunak EPANET 2.0 dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada jaringan irigasi curah yang telah terpasang di Desa Tenilo, Gorontalo dan Desa Akar-akar, NTB. Simulasi menghasilkan tekanan rata-rata pada kedua lokasi melebihi dari tekanan optimum yang direkomendasikan yaitu 40 m, namun belum melebihi tekanan maksimum yang direkomendasikan yaitu 65 m. Variasi tekanan pada masing-masing lokasi sebesar 2.82 m dan 9.35 m. Debit yang dihasilkan juga hampir mendekati debit rencana yaitu 9.11 liter/detik. Kecepatan aliran antara kedua lokasi tidak berbeda jauh. Kecepatan aliran pada kedua lokasi kurang dari kecepatan maksimum yang diizinkan yaitu 3 m/detik, berarti jaringan ini aman dari abrasi dan water hammer pada pipa. Berdasarkan hasil simulasi menunjukkan bahwa jaringan irigasi curah yang telah terpasang di Desa Tenilo dan Desa Akar-Akar telah memenuhi kriteria batasan hidrolik dalam mendesain sistem jaringan irigasi curah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, Dian Vitta. 2007. Analisa Kinerja Sistem Distribusi PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik (Studi Kasus Perumnas Banyumanik Kel. Srondol Wetan)[Disertasi]. Bogor (ID): Universitas Diponegoro Semarang.

Akbar, Taufik 2013. Evaluasi Kinerja Sistem Distribusi Air pada Pdam Tirta Pakuan di Perumahan Griya Melati Bogor, Jawa Barat[Skripsi]. Bogor(ID): Institut Pertanian Bogor.

Amunif. 2008. Simulasi Jaringan Perpipaan secara Mekanika Fluida dengan Menggunakan Software EPANET 2.0 [Skripsi]. Semarang(ID): Universitas Muhammadiyah Semarang.

Jurnal Irigasi - Vol.9, No.1, Mei 2014.

Sapei Asep, Prastowo, Dedi K. 2006. Teknik Irigasi dan Drainase. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

[Balai Irigasi] Tim Balai Irigasi. 2009. Konsep Laporan Akhir Penelitian Jaringan Irigasi Non Padi (Lanjutan). Bekasi: Balai Irigasi.

Ridwan D, Lolly M M, Subari, Guntur S. 2010. Uji skala penuh teknologi jaringan irigasi non padi (jinp) di kawasan agropolitan provinsi gorontalo. J Irigasi. 5 (1): 45-56.

Departemen Pertanian. 2010. Pedoman Teknis: Pengembangan Irigasi Bertekanan. Direktorat Pengelolaan Air, Direktorat Pengelolahan Lahan dan Air, Departemen Pertanian, Jakarta [20 Januari 2014]

FAO. 2001. Sprinkler Irrigation Systems. Planning, design, Operation and Maintenance. FAO Irrigation Manual Module 8, pp. 18.

Hadi, Ismail. 2010. Model Rancangan Hidrolika Sub-Unit Irigasi Curah dengan Tekanan Sedang[Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Labye, Y., Olson, M.A., Galand, A., dan Tsiourtis, M. 1988. Design and Optimization of Irrigation Distribution Networks. Irr. & Drainage Paper, FAO, Rome, Italy: 44: 89-146.

Murni. 2007. Metode sederhana untuk mencegah terjadinya pukulan air di dalam instalasi plambing. Jurnal.unimus.ac.id. 5.

Owusu-Ansah, Frank. 2011. Hydraulic Modelling of Pressurized Irrigation Networks for Optimization in Desaign [Tesis]. Italia: IAO.

Rossman, A Lewis. 2000. EPANET 2 User Manual. AKAMITRA Enineering, Penerjemah. AKAMITRA Engineering. Terjemahan dari: AKAMITRA Engineering.

Sudirman, Andry. 2012. Analisa Pipa Jaringan Distribusi Air Bersih di Kabupaten Maeros dengan Menggunakan Software Epanet 2.0 [Jurnal]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Unduhan

Diterbitkan

2015-04-28

Cara Mengutip

Lasol, H. N., Suharnoto, Y., Ridwan, D., & Joubert, M. D. (2015). Evaluasi kinerja jaringan irigasi curah melalui simulasi hidrolis menggunakan Epanet 2.0. Jurnal Irigasi, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.31028/ji.v9.i1.51-62

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...